REVIEW AIR TERJUN MADAKARIPURA JAWA TIMUR

Air terjun Madakaripura merupakan sebuah tempat wisata alam yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger – Gunung Semeru di bagian Kota Probolinggo. Lebih tepatnya di Desa Sapih, wilayah Kecamatan Lumbang, kabupaten Purbalingga – Jawa Timur.

Berbicara tentang keindahan air terjun yang cukup tinggi ini maka sudah tidak diragukan lagi, pasalnya banyak sekali wisatawan baik lokal ataupun mancanegara mengunjungi air terjun yang menakjubkan ini setiap harinya.

Lokasi air terjun Madakaripura berada di ketinggian 620 meter diatas permukaan air laut. Tempat wisata andalan provinsi Jawa Timur ini berada sekitar 20 km ke arah selatan dari jalur pantai utara ruas Kecamatan Tongas, tepatnya berada dari Kantor Polsek Tongas. Jika kita dari Cemara Lawang, maka untuk menuju lokasi air terjun Madakaripura sekitar 25 km ke arah barat laut. Namun jika Anda berada di tempat wisata Gunung Bromo di Purbolinggo, maka setelah Anda sampai di Desa Sukapura ambilah arah kanan untuk menuju lokasi air terjun. Perjalanan akan Anda tempuh selama kurang lebih 45 menit dengan kecepatan konstan.

Air Terjun Madakaripura

Tingginya sekitar 200 meter
(Image: www.tempatwisataid.com)

Untuk menuju tempat atau lokasi air terjun yang indah ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum yang tersedia di daerah ini ataupun menyewa mobil rental yang telah tersedia banyak sekali di pinggir jalan. Medan yang akan Anda hadapi ketika menuju lokasi air terjun ini sama halnya dengan medan pegunungan, yakni berkelok-kelok dan jalanan yang cukup sempit, maka dari itu jika Anda memutuskan untuk membawa kendaraan atau alat transportasi sendiri dihimbau untuk selalu berhati-hati.

Satu hal yang sangat menarik dari tempat wisata air terjun yang dinamai Madakaripura yakni air yang mengucur deras dari ketinggian  200 meter, bayangkan saja dari ketinggian tersebut air terjatuh bebas maka akan sangat indah dan eksotis, ditambah keindahan beberapa air terjun kecil disampingnya membuat wisata alam ini semakin eksotis untuk Anda kunjungi.

Madakaripura waterfall

Berada di kawasan Taman Nasional Bromo
(Image: www.backpackerindonesia.com)

Air terjun utama Madakaripura jatuh dengan terurai secara bebas membentuk tirai dan hujan seperti diteras-teras rumah kita. tentunya hal ini akan mengudang banyak sekali wisatawan untuk berada dibawahnya bermain seperti layaknya anak-anak kecil zaman dahulu.

Keindahan air terjun Marakadipura juga terlihat dari sebuah tebing besar dengan ketinggian 200 meter tersebut. Keunikan terlihat pada bentuk tebing yang membentuk setengah lingkaran, sehingga apabila Anda berada dibawahnya, maka Anda seperti akan terasa didalam sebuah tabung raksasa.

Dibawah air terjun tersebut terdapat sebuah kolam berukuran 25 meter dan memiliki kedalaman 7 meter. Bukan hanya itu saja, dibalik air terjun tersebut yakni dibawah tebing terdapat sebuah gua yang bisa Anda jadikan untuk menguji nyali, jika memiliki cukup nyali atau pemberani Anda dapat berenang untuk menyebrangi kolam yang berukuran 25 meter dan memiliki kedalam 7 meter tersebut untuk menuju gua dibawah tebing itu, tapi Anda harus berhati-hati karena jatuhnya air dari ketinggian 200 meter dapat membuat Anda kehilangan kendali dan tenggelam jika tidak bisa berenang. namun pada saat-saat tertentu gua tersebut ditutup karena alasan keamanan (takut longsor) sehingga Anda juga harus mempertimbangkan hal ini ketika ingin ke gua tersebut.

Beautiful Madakaripura waterfall

Cocok untuk liburan akhir pekan keluarga
(Image: www.canuckabroad.com)

Dari lokasi parkir kendaraan menuju ke lokasi air terjun ini dapat Anda tempuh selama 15 menit, untuk menuju lokasi wisata alam Jawa Timur tersebut tidaklah sulit, karena sudah disediakan sebuah jalan setapak yang terbuat dari ornamen semen, sehingga tidak terlalu licin untuk dilalui.

Bagaimana? Anda bulan ini berencana liburan? Tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata alam air terjun Madakaripura ini sebagai tempat wisata alkternatif liburan menyenangkan Anda bersama keluarga.

Related Post "REVIEW AIR TERJUN MADAKARIPURA JAWA TIMUR"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak