AIR TERJUN MORAMO, TEMPAT MANDI BIDADARI LANGIT

Air terjun Moramo merupakan salah satu air terjun yang paling indah di Indonesia, berlokasi di dalam Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, Sumber Sari, wilayah Kecamatan Moramo – Kabupaten Konawe, jaraknya sekitar 60 km daripusat  Kota Kendari – Sulawesi Tenggara. Sebuah kreasi alam yang sungguh unik dan mengagumkan karena terbentuk secara alami selama kurun waktu ribuan tahun. Air terjun yang tampak meluncur deras pada batu granit besar yang tersusun rapi dengan ketinggian dari antara 0,5 hingga 3 meter. Warga setempat percaya bahwa legenda bahwa bidadari sering turun dari langit untuk mandi di sini.

Memiliki luas sekitar 38.937 Ha, air terjun Moramo dilengkapi dengan panorama alam hutan hijau yang lebat. Keunikan lainnya adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat mengalirkan air jernih dengan suara yang lembut dari ketinggian sekitar 100 meter. Jumlah undakan air terjun yang cantik ini lebih dari 7 buah & 60 undakan kecil yang beberapa diantaranya berbentuk kolam-kolam kecil yang bisa dimanfaatkan para pengunjung untuk mandi ataupun berenang.

Air terjun Moramo

Image: www.ku2h.com

Bukan hanya itu, keunikan lain yang dimiliki air terjun ini adalah bagian dinding-dindingnya tidak licin sehingga dapat dipanjat oleh pengunjung, hal tersebut disebabkan daerah ini merupakan batuan kapur. Air yang mengalir di air terjun ini berasal dari Sungai Biskori yang bagian hulunya berada di Pegunungan Tambolosu dan sejak lama dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pengairan sawah mereka. Air Terjun yang eksotis ini ditemukan oleh warga transmigran asal Jawa pada tahun 1980 saat mereka membuka hutan untuk keperluan memasang jerat burung anoa. Selanjutnya dibuat jalan menuju lokasi air terjun pada tahun 1989 dan di tahun 1990 mulai dibuka sebagai destinasi wisata.

Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang jadi lokasi tempat Air Terjun memiliki kandungan marmer atau onyx paling besar di dunia. Diperkirakan ada sekitar 860 miliar meter kubik marmer yang tersimpan di sini dan jadi salah satu sumber cadangan marmer paling besar yang pernah ada di Indonesia. Sepanjang perjalanan 2 km dari pintu masuk menuju ke lokasi air terjun Anda akan menemui banyak pohon hutan hujan tropis yang besar-besar karena sudah berusia ratusan tahun. Ada juga air terjun kecil yang sangat jernih yang tidak terdapat batu-batu kerikil karena sedimentasi aliran sungainya membuat air mengalir pada bebatuan bauksit yang padat. Baca juga: Daftar Objek Wisata Terbaik Di Pulau Sulawesi.

Air terjun Moramo Kendari

Image: www.youtube.com

Untuk menuju ke lokasi air terjun Moramo dari Kota Kendari hanya memerlukan waktu 1,5 jam perjalanan. Satu-satunya cara untuk sampai lokasi adalah dengan memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil rental yang tinggi atau motor karena keadaan jalannya relatif rusak. Air terjun cantik ini sudah terlihat setelah Anda berjalan kaki 1 km. Suasana hutan yang lebat akan memanjakan mata Anda saat berjalan sekaligus melindungi Anda dari teriknya sinar Matahari.

Beberapa jembatan kayu, pijakan batu buatan membuat Anda semakin nyaman diperjalanan. Rasa lelah berjalan kaki akan terbayar dengan kesejukan air terjun saat Anda berendam dan ditemani dengan kicauan burung di alam liar.

Air Terjun Moramo Sulawesi Tenggara

Image: indonesia.travel

Air Terjun Moramo termasuk di dalam Kawasan Suaka Margasatwa Tanjug Peropa. Ada bebera[a hewan yang dilindungi disini,  seperti burung anoa, babirusa & rangkong. Kehadiran burung rangkong ini masih cukup sering. Sedangkan anoa dan baburusa sudah semakin  jarang terlihat karena terancam punah.

Related Post "AIR TERJUN MORAMO, TEMPAT MANDI BIDADARI LANGIT"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak