LIBURAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI

Liburan di Taman Nasional Gunung Rinjani yang megah adalah kesenangan tersendiri, karena ini merupakan gunung api paling besar yang tampak menjulang tinggi di wilayah Pulau Lombok. Mendaki ke puncak gunung Rinjani sambil berlibur sambil mendaki menjadi pengalaman menegsankan yang bisa Anda rasakan. Dengan ketinggian yang mencapai 3.726 m, Gunung ini termasuk gunung tertinggi kedua di wilayah Indonesia. Memang mendaki hingga ke puncak Gunung ini tidaklah mudah, tapi sepadan rasanya apabila Anda sudah sampai di puncak & menikmati salah satu pemandangan yang paling indah yang mengagumkan.

Gunung ini merupakan rangkaian dari ‘cincin api’ yang populer & memegang peran penting di dalam aspek hidup spiritual warga setempat. Menurut warga sekitar nama Rinjani sendiri berasal dari istilah Jawa Kuno yang artinya ‘Tuhan’. Di sekitar wilayah lereng Gunung Rinjani ini terdapat hutan lebat yang juga terperciki air terjun yang sekelilingnya pemandangan yang sangat luar biasa indahnya.

Taman Nasional Gunung Rinjani

Image: Indonesia.travel

Di dalam kawasan sekitar gunung terdapat sebuah danau berbentuk sabit yang dinamakan danau Segara Anak yang berjarak sekitar 6 km bersebrangan dengan bagian titik terlebarnya. Danau sulfur ini berada sekitar 600 meter di bagian bawah lereng kawah. Air yang naik ke atas dari danau ini merupakan gunung api baru, yaitu Gunung Baru yang muncul akibat dari erupsi yang bertubi-tubi pada tahun 1990an. Segara Anak adalah tempat spiritual. Orang Bali banyak yang datang kesini setiap tahunnya dan mengadakan upacara yang dinamakan pekelan dimana banyak perhiasan ditempatkan di danau ini sebagai persembahan pada roh gunung. Warga Wetu Telu juga menganggap danau itu sebagai tempat suci & mereka selalu datang ke sini untuk berdoa pada saat malam bulan purnama. Baca juga: Daftar Destinasi Wisata Di NTB.

Gunung Rinjani terbentang di sepanjang Taman Nasional Gunung Rinjani. Taman yang luasnya mencapai 41.330 ha & di dalamnya ada zona transisi Garis Wallacea. Di tempat tersebut flora & fauna tropis Asia Tenggara saling bertemu dengan flora & fauna Australia. Taman Nasional ini didirikan pada tahun 1997 dan termasuk salah satu dari 40 taman nasional yang ada di Indonesia. Bagi para pengunjung, rute trek Rinjani yang menghabiskan waktu selama 3 hari meliputi trekking mulai dari Senaru hingga ke lereng kawah, menuruni kawah danau kemudian berlanjut ke Sembalun Lawang dianggap sebagai salah satu tempat untuk penjelajahan terbaik yang ada di Asia Tenggara. Para trekker sejati biasanya akan langsung meneruskan perjalanannya ke puncak gunung berapinya. Gunung berapi ini bisa di tempuh dari Sembalun Lawang & menghabiskan waktu sekitar 4 hari yang berakhirnya di Senaru.

Gunung Rinjani

Image: Indonesia.travel

Untuk dapat memastikan bahwa warga setempat mendapatkan keuntungan juga dari pemasukan pariwisata di tempat ini, maka Trek Rinjani juga dikelola oleh kemitraan resmi pihak Taman Nasional yaitu perwakilan warga dan industri sektor umum serta pribadi pariwisata di Lombok. Masyarakat setempat menjalankan koordinasi koperatif bagi penjelajahan di Rinjani Trek Center atau RTC di Senaru & Rinjani Information Center atau RIC di Sembalun Lawang. Baca juga: Keseruan Di Gili Air Lombok

Pemasukan dari pariwisata dan juga tiket masuk ke tempat ini digunakan untuk konservasi, manajemen serta membantu Taman Nasional Gunung Rinjani dengan pemeliharaan dari Trek Rinjani, dengan liburan dan trekking disini, sekaligus Anda ikut andil dalam pemliharaan Taman Nasional. Model manajemen tesebut adalah manajemen yang unik di negara kita dan dianggap sebagai salah satu contoh praktik ekowisata yang ada di Indonesia.

Related Post "LIBURAN DI TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI"

Destinasi Wisata Pantai Cemara Sewu Yogyakarta
Pantai Cemara Sewu - Jika kita akan
Destinasi Wisata Pantai Baru Yogyakarta
Pantai Baru - Pesona alam Yogyakarta memang
Destinasi Wisata Pantai Baron Yogyakarta
Pantai Baron - Kabupaten Kidul merupakan salah
Destinasi Wisata Pantai Trisik Yogyakarta
Pantai Trisik - Siapa sih yang tidak